LINGKUNGAN BISINIS STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
PENGELOLAAN PRODUKSI DAN PENJUALAN SOUVENIR
Disusun
oleh :
Nama : Mohammad Taufik Hidayatullah
NIM : 13.11.6939
Kelas : 13.S1-TI.03
2014/2015
I.
Abstrak
Isi
dalam karya ilmiah yang saya susun menjelaskan lingkungan bisnis yang mengacu pada
pengelolaan bisnis souvenir. Sebagai salah satu bisnis atau usaha yang peluang
nya selalu terbuka dan tidak pernah mati, bisnis souvenir tampaknya akan selalu menjadi salah satu jenis
usaha yang menarik.
Ada
beberapa hal yang saya suka dari bisnis jenis ini, selain kita bisa membuat
barang sendiri, kita juga bisa menjual souvenir jadi yang bisa kita dapatkan
dari grosir/distributor. Dalam hal penjualan pun, bisnis souvenir ini tidaklah
terlalu sulit untuk kita pelajari dan kita jalankan.
Di
zaman modern seperti sekarang ini kita bisa dengan mudah menjual barang melalui
internet atau via online maupun offline. Lewat online kami bisa menjual barang
lebih mudah dan praktis dan juga bisa menghemat biaya dan tenaga dibandingkan
lewat offline. Tapi tak dapat dipungkiri lewat offline juga bisa menghasilkan
keuntungan dan penjualan yang banyak karena pengunjung dapat memilih langsung
barang yang akan mereka beli. Dari segi itulah saya mempunyai ide untuk memulai
bisnis produksi dan penjualan souvenir lewat offline dan juga online karena
dengan menggabungkan kedua nya maka akan mendapatkan hasil penjualan yang
maksimal. Da diisamping itu peminat nya yang banyak, varian dan modelnya pun beragam.
Dengan
aneka macam bentuk souvenir seolah menjadi perburuan wajib ketika berkunjung ke
suatu tempat. Selain sebagai perhiasan,souvenir bisa dijadikan kenangan-kengan
dari suatu tempat atau daerah yang dikunjungi. Peluang jenis bisnis souvenir
bukanlah celah kecil yang membatasi seseorang untuk terjun ke dalamnya, tetapi
bisnis ini cukup mudah untuk digeluti.
II. Isi
Souvenir merupakan salah satu bisnis dengan prospek
yang menjanjikan. Souvenir bisa sebgai pengingat atau kenang-kenangan diberikan
pada peristiwa – peristiwa yang memiliki makna yang bernilai bagi seseorang ,
sekelompok orang atau dalam skala yang lebih luas lagi.
Seseorang yang habis berpergian ke suatu tempat
misalnya, kerap membawa oleh-oleh ‘souvenir’ sebagai kenang-kenangan. Souvenir
yang dibawa biasanya memiliki ke khas’an terhadap daerah yang dikunjunginya
Panduan Dalam Mengelola Usaha Baju
:
1. Pilihlah
jenis-jenis souvenir yang unik dan menjadi ciri khas di masyarakat dan
lingkungan sekitar atau yang lagi trend di kota an.
2. Usahakan
selalu mengganti model-model souvenir di tempat usaha anda dengan model baju
terbaru. Anda bisa memadukan usaha souvenir yang sedang anda rintis ini denga
beraneka macam model. Selain itu anda juga bisa usaha baju ini baik secara
offline maupun online. Sehigga jangkauan pemasaran dari penjualan baju semakin
luas.
Proses Pembuatan :
1.
Pola Design / Sketch => Seorang
designer/creative bertugas untuk merancang souvenir dan menuangkan kreativitas
ke dalam kertas seketsa. Proses ini dibuat dengan metode pola drafting dan
tujuan pembuatan pola ini adalah untuk menciptakan contoh/sampel souvneir yang
kemudian akan di tes uji.
2.
Pembuatan contoh/sampel => Pola
dibentuk sesuai dengan pesanan/model souvenir yang diinginkan oleh
pemesan,missal souvenir blocknote,tas,tempat
tissue dll.
3. Grading => membuat
ukuran sesuai permintaan dari pemesanan pelanggan
4.
Pemotongan => Bahan yang
telah di siapkan kemudian dipotong sesuai kebutuhan.
5. Perakitan/
Pemasangan => Pada
proses ini akan bahan yang sudah dipotong akan digabungkan/dirakit sesuai
design/bentuk souvenir.
6. Tahap
akhir => Pada
proses ini, beberapa orang akan memeriksa kembali souvenir yang telah di
dirakit dan mengcek kembali produk agar terlihat lebih rapih.
7. Packing
=> Packing adalah proses terakhir
dimana semua produk di-packing sesuai dengan ukuran, design, dan warna yang
kemudian akan dikirim ke pemesan/pelanggan
Mengenal
Situasi Pasar
Sebagai pelaku bisnis anda harus
mengenal betul situasi pasar. Dengan ide ide kreatif,hampir semua bidang dapat
dimasuki/sebagai pasar souvenir.dengan kreatifitas dan dengan berbagai macam bahan
yang bisa digunakan untuk souvenir untuk harga bisa disesuaikan dengan
kebutuhan pelanggan/pemesan
Sikap
Yang Harus Dimiliki :
1.
Jujur,
kreatif dan Inovatif
2.
Percaya
diri, mau bekerja keras
3.
Sabar,
optimis.
4.
Teknik Penjualan Yang Jitu Dalam
Pemasaran :
Penjualan Secara Offline
Penjualan secara offline dapat diartikan sebagai penjualan
yang menggunakan media tempat sebagai sarana menjual dan memasarkan produk.
Faktor toko merupakan hal utama dalam penjualan produk sehingga produk tersebut
dapat dikenal dipasar.
Offline
:
1.
Pastikan lokasi toko strategis, rapih, bersih, produknya
lengkap, dan pelayananya ramah.
2.
Pada papan nama toko anda dan tampak luar, buatlah yang 'eye
cathcing' yang menarik,unik dan informasi lengkap tertulis sehingga ada
ketertarikan pengunjung ingin datang.
3.
Kreatifkan produk anda,
buat keunikan khusus produk souvenir anda, dan pastikan produk tersebut hasil
kreatifitas anda yang tidak bisa didapati di toko lain.
Penjualan Secara Online
Penjualan
secara online lebih praktis karena tidak memerlukan biaya yang besar, dan
jangkauan pasar yang lebih luas karena melakukan pemasaran secara online.
Tantangan yang dihadapi dalam bisnis penjualan secara online akan sangat
bergantung terhadap kepercayaan konsumen karena tidak berhadapan secara
langsung. Untuk melakukan bisnis secara online dibutuhkan kepercayaan jika
konsumen tersebut benar-benar ingin membeli produk souvenir tersebut. Alur
transaksi pembayaran harus jelas sehingga tidak terjadi penyimpangan dalam
proses transaksi penjualan.
Online
:
1.
Pastikan toko anda
mempunyai website, toko online dan sosial media lainnya missal twitter,facebook dll. Anda harus aktif
dan siap 24 jam melayani mereka yang berkunjung ke media online anda.
2.
Responlah dengan cepat atas semua pertanyaan, permintaan dan
lainnya yang masuk secara online agar mereka mengetahui bahwa anda bisa
dihubungi secara online dapat dipercaya.
3.
Updatelah selalu
website dan toko online anda secara periodik sehingga para pengunjung dan pelanggan
selalu berkunjung kembali.
Menyatukan
pemasaran secara online dan offline akan cukup meningkatkan tingkat penjualan
produk souvenir serta dengan adanya inovasi menciptakan desain blog serta
desain souvenir yang menarik akan meningkatkan tingkat penjualan serta minat
konsumen.
Referensi
1. http://bosssouvenir.blogspot.com/2012/11/souvenir.html
2. http://forum.detik.com/fungsi-souvenir-perusahaan-t236025.html
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)

Tidak ada komentar :
Posting Komentar