Hallo,Selamat datang disebuah catatan kecil.
Sebuah catatan kecil tentang dunia dalam opini saya.
~ Jadi selamat menikmati ~

LINGKUNGAN BISINIS STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Tidak ada komentar

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS



PENGELOLAAN PRODUKSI DAN PENJUALAN SOUVENIR

Disusun oleh :
Nama        : Mohammad Taufik Hidayatullah
NIM           : 13.11.6939
Kelas         : 13.S1-TI.03

2014/2015
I.   Abstrak
Isi dalam karya ilmiah yang saya susun menjelaskan lingkungan bisnis yang mengacu pada pengelolaan bisnis souvenir. Sebagai salah satu bisnis atau usaha yang peluang nya selalu terbuka dan tidak pernah mati, bisnis souvenir tampaknya akan selalu menjadi salah satu jenis usaha yang menarik.
Ada beberapa hal yang saya suka dari bisnis jenis ini, selain kita bisa membuat barang sendiri, kita juga bisa menjual souvenir jadi yang bisa kita dapatkan dari grosir/distributor. Dalam hal penjualan pun, bisnis souvenir ini tidaklah terlalu sulit untuk kita pelajari dan kita jalankan.
Di zaman modern seperti sekarang ini kita bisa dengan mudah menjual barang melalui internet atau via online maupun offline. Lewat online kami bisa menjual barang lebih mudah dan praktis dan juga bisa menghemat biaya dan tenaga dibandingkan lewat offline. Tapi tak dapat dipungkiri lewat offline juga bisa menghasilkan keuntungan dan penjualan yang banyak karena pengunjung dapat memilih langsung barang yang akan mereka beli. Dari segi itulah saya mempunyai ide untuk memulai bisnis produksi dan penjualan souvenir lewat offline dan juga online karena dengan menggabungkan kedua nya maka akan mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Da diisamping itu peminat nya yang banyak, varian dan modelnya pun beragam.
Dengan aneka macam bentuk souvenir seolah menjadi perburuan wajib ketika berkunjung ke suatu tempat. Selain sebagai perhiasan,souvenir bisa dijadikan kenangan-kengan dari suatu tempat atau daerah yang dikunjungi. Peluang jenis bisnis souvenir bukanlah celah kecil yang membatasi seseorang untuk terjun ke dalamnya, tetapi bisnis ini cukup mudah untuk digeluti.



II.   Isi
Souvenir merupakan salah satu bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Souvenir bisa sebgai pengingat atau kenang-kenangan diberikan pada peristiwa – peristiwa yang memiliki makna yang bernilai bagi seseorang , sekelompok orang atau dalam skala yang lebih luas lagi.
Seseorang yang habis berpergian ke suatu tempat misalnya, kerap membawa oleh-oleh ‘souvenir’ sebagai kenang-kenangan. Souvenir yang dibawa biasanya memiliki ke khas’an terhadap daerah yang dikunjunginya
Panduan Dalam Mengelola Usaha Baju :
1.      Pilihlah jenis-jenis souvenir yang unik dan menjadi ciri khas di masyarakat dan lingkungan sekitar atau yang lagi trend di kota an.
2.      Usahakan selalu mengganti model-model souvenir di tempat usaha anda dengan model baju terbaru. Anda bisa memadukan usaha souvenir yang sedang anda rintis ini denga beraneka macam model. Selain itu anda juga bisa usaha baju ini baik secara offline maupun online. Sehigga jangkauan pemasaran dari penjualan baju semakin luas.
Proses Pembuatan :
1.      Pola Design / Sketch => Seorang designer/creative bertugas untuk merancang souvenir dan menuangkan kreativitas ke dalam kertas seketsa. Proses ini dibuat dengan metode pola drafting dan tujuan pembuatan pola ini adalah untuk menciptakan contoh/sampel souvneir yang kemudian akan di tes uji.
2.      Pembuatan contoh/sampel => Pola dibentuk sesuai dengan pesanan/model souvenir yang diinginkan oleh pemesan,missal souvenir blocknote,tas,tempat tissue dll.
3.      Grading => membuat ukuran sesuai permintaan dari pemesanan pelanggan
4.      Pemotongan => Bahan yang telah di siapkan kemudian dipotong sesuai kebutuhan.
5.      Perakitan/ Pemasangan => Pada proses ini akan bahan yang sudah dipotong akan digabungkan/dirakit sesuai design/bentuk souvenir.
6.      Tahap akhir => Pada proses ini, beberapa orang akan memeriksa kembali souvenir yang telah di dirakit dan mengcek kembali produk agar terlihat lebih rapih.
7.      Packing => Packing adalah proses terakhir dimana semua produk di-packing sesuai dengan ukuran, design, dan warna yang kemudian akan dikirim ke pemesan/pelanggan
Mengenal Situasi Pasar
            Sebagai pelaku bisnis anda harus mengenal betul situasi pasar. Dengan ide ide kreatif,hampir semua bidang dapat dimasuki/sebagai pasar souvenir.dengan kreatifitas dan dengan berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk souvenir untuk harga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan/pemesan
Sikap Yang Harus Dimiliki :
1.      Jujur, kreatif dan Inovatif
2.      Percaya diri, mau bekerja keras
3.      Sabar, optimis.
4.       
Teknik Penjualan Yang Jitu Dalam Pemasaran :
Penjualan Secara Offline
Penjualan secara offline dapat diartikan sebagai penjualan yang menggunakan media tempat sebagai sarana menjual dan memasarkan produk. Faktor toko merupakan hal utama dalam penjualan produk sehingga produk tersebut dapat dikenal dipasar.
Offline :
1.      Pastikan lokasi toko strategis, rapih, bersih, produknya lengkap, dan pelayananya ramah.
2.      Pada papan nama toko anda dan tampak luar, buatlah yang 'eye cathcing' yang menarik,unik dan informasi lengkap tertulis sehingga ada ketertarikan pengunjung ingin datang.
3.      Kreatifkan produk anda, buat keunikan khusus produk souvenir anda, dan pastikan produk tersebut hasil kreatifitas anda yang tidak bisa didapati di toko lain.


Penjualan Secara Online
Penjualan secara online lebih praktis karena tidak memerlukan biaya yang besar, dan jangkauan pasar yang lebih luas karena melakukan pemasaran secara online. Tantangan yang dihadapi dalam bisnis penjualan secara online akan sangat bergantung terhadap kepercayaan konsumen karena tidak berhadapan secara langsung. Untuk melakukan bisnis secara online dibutuhkan kepercayaan jika konsumen tersebut benar-benar ingin membeli produk souvenir tersebut. Alur transaksi pembayaran harus jelas sehingga tidak terjadi penyimpangan dalam proses transaksi penjualan.
Online :
1.      Pastikan toko anda mempunyai website, toko online dan sosial media lainnya missal twitter,facebook dll. Anda harus aktif dan siap 24 jam melayani mereka yang berkunjung ke media online anda.
2.      Responlah dengan cepat atas semua pertanyaan, permintaan dan lainnya yang masuk secara online agar mereka mengetahui bahwa anda bisa dihubungi secara online dapat dipercaya.
3.      Updatelah selalu website dan toko online anda secara periodik sehingga para pengunjung dan pelanggan selalu berkunjung kembali.
Menyatukan pemasaran secara online dan offline akan cukup meningkatkan tingkat penjualan produk souvenir serta dengan adanya inovasi menciptakan desain blog serta desain souvenir yang menarik akan meningkatkan tingkat penjualan serta minat konsumen.
 Referensi
1.      http://bosssouvenir.blogspot.com/2012/11/souvenir.html

2.      http://forum.detik.com/fungsi-souvenir-perusahaan-t236025.html


Tidak ada komentar :

Posting Komentar